Jumat, 09 November 2012

Permainan OutBond


A.    Nama Permianan         : Fastball

B.     Tujuan
Permainan ini bertujuan sebagai berikut :
1.      Dapat  meningkatkan ketangkasan serta ketelitian  siswa
2.      Dapat meningkatkan kelincahan siswa
3.      Melatih keseimbangan serta kekuatan siswa
4.      Dapat menumbuhkan kejujuran serta sportifitas
5.      Dapat melatih kemampuan koordinasi siswa
6.      Dapat meningkatkan kecepatan siswa
7.      Melatih kerja sama antar siswa
8.      Melatih kosentrasi siswa

C.     Alat dan Bahan
Alat adan bahan yang dibutuhkan adalah :
1.      5 buah simpai
2.      5 buah bola
3.      5 buah panjang
4.      6 buah cone
5.      Kapur
6.      Kertas

D.    Cara Bermain
1.       Bentuk 2 tim masing-masing tim terdiri dari 5 orang
2.      Masing-masing tim baris berbanjar. Antar tim berjarak 2 meter.
3.      Setelah ada aba-aba dimulai maka permainan dimulai dari orang pertama.
4.      Orang pertama berlari lalu mengambil 1 bola dan membawanya
5.      Dan harus melewati simpai dengan melompat menggunakan salah satu kaki, setelah hitungan ke 2 atau genap harus berganti kaki
6.      Pada hitungan ke 5 orang tersebut harus mendarat dengan menggunakan 2 kaki
7.      Setelah itu orang tersebut berjongkok dan mengambil kertas kode soal yang berada di belakang
8.      Orang tersebut tidak boleh menyentuh tanah kecuali tangan dan bola tidak boleh jatuh apabila orang tersebut melanggar permainan harus diulangi dari awal
9.      Setelah itu bola di letakkan didepan garis lingkaran dan orang tersebut harus menyebutkn kode soal yang telah ia ambil.
10.  Lalu orang tersebut menggiring bola atau mendribble melewati tiang panjang
11.  Setiap tiang pancang harus dilewati apabila ada salah satu tiang pancang yang belum dilewati maka harus mendrible ulang dari awal
12.  Pada saat orang tersebut mendrible bola, ada salah satu orang menyebutkan pertanyaan
13.  Setelah melewati semua tiang pancang lalu orang tersebut menggiring bola dan memasukan bola tersebut ke gawang kecil yang merupakan jawabannya
14.  Setelah itu orang tersebut menuju ke sebuah lingkaran menghadap ke utara membentuk sebuah barisan kebelakang.
15.  Begitu seterusnya hingga orang terakhir.
16.  Setelah itu semua tim tersebut melakukan jalan cepat dengan cara setiap tangan pemian berada dipinggang pemain lainnya, para pemian harus menggunakan kaki yang sama dalam berjalan j.ika tidak harus diulangi dari awal berjalan
17.  Tim tersebut menang apabila dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar atau tim tersebut mendapatkan point yang tinggi dibandingkan dengan tim lain.
18.  Apabila point yang dihasilkan sama penentuan pemenangnya yaitu tim yang berhasil masuk garis start dalam melakukan jalan cepat bersama-sama
Keterangan :
1.      Kode soal berupa huruf yaitu A,B,C,D dan E
2.      Contoh pertanyaan seperti berikut
Kode A : Paris merupakan ibukota negara apa ??
Kode B : Di negara mana letak menara pisa??
Kode C : Zat hijau pada daun disebut apa??
Kode D : Glukosa merupakan hasil dari proses apa??
Kode E : Gerak tumbuhan karena rangsang cahaya??
3.      Jawaban dari soal diatas
Kode A : Perancis
Kode B : Italia
Kode C : Klorofil
Kode D : Fotosintesis
Kode E : Fototaktis
4.      Jawaban-jawaban diatas masing-masing diletakkan digawanng

E.     Nilai-nilai yang terkandung
Nilai-nilai yang terkandung dalam permainan adalah :
1.      Kerjasama
2.      Sportifitas
3.      Kejujuran
4.      Kebersamaan
5.      Kreatifitas
6.      Saling menghargai
F.      Pertanyaan :
1.      Apa yang anda rasakan dari kegiatan permianan fastball tadi ?
2.      Perilaku apa yang membuat siswa dapat menyelesaikan permainan yang benar?
3.      Siapakah diantara semua siswa yang membuat kegiata menjadi mengasikkan?
4.      Bagaimana cara  kedua kelompok tersebut dalam menyelesaikan permainan?
5.      Apakah yang akan dilakukan siswa agar bisa sukses  mengulangi permainan tersebut ?
6.      Adakah cara baru mereka dalam mnyelesaikan permainan ?
7.      Apakah anda setuju apabila ada cara baru untuk menyelesaikan permianana tadi?
G.    Sumber
Dokumen Pribadi







Tidak ada komentar:

Posting Komentar