Jumat, 09 November 2012

Permainan Air Tanpa Alat

A.    NAMA PERMAINAN
Benteng Takeshi

B.     TUJUAN
Permainan ini mempunyai tujuan untuk pengenalan air secara tidak disadari kepada anak. Dalam permainan ini anak akan memasukkan kepalanya ke air {menyelam}serta bebas melakukan berbagai gerakan di air seperti jalan dan lari.

C.     JUMLAH PEMAIN
Permainan ini terdiri dari 2 regu, masing-masing regu 4 orang atau lebih {disesuaikan siswa yang ada}.

D.    PERALATAN
Permainan ini tidak menggunakan alat. Hanya memanfaatkan dinding kolam renang sebagai benteng.

E.     WAKTU
Permainan berhenti saat ada tim yang menang. Bisa juga dibatasi waktu kira-kira 5-10 menit bila permainan tak kunjung selesai.

F.      JALANNYA PERMAINAN
·         Dibagi menjadi 2 regu, masing-masing regu 4 orang atau lebih {disesuaikan siswa yang ada}.
·         Ada seorang wasit yang mengatur jalannya pertandingan.
·         Dimulai dengan menempati benteng masing-masing {merapat ke dinding kolam}.
·         Lalu semua pemain menyanyikan lagu untuk membakar semangat :
“Ayo ayo serang bentengnya . .serang bentengnya sekarang juga …3X” {irama lagu menanam jagung}.
·         Setelah lagu selesai baru memulai permainan
·         Inti permainan ini adalah berusaha mencapai benteng lawan dengan segera.
·         Semua pemain bisa maju menyerang benteng lawan ataupun ada yang bertahan di benteng sendiri, itu tergantung strategi masing-masing kelompok.
·         Cara melumpuhkan lawan adalah dengan menyentuh bagian lututnya.
·         Pemain yang sudah dilumpuhkan harus diam di tempat.
·         Pemain bisa membebaskan teman yang sudah dilumpuhkan dengan cara membasuh mukanya dengan air. Pemain yang sudah dibebaskan oleh temannya bisa melanjutkan permainan kembali.
·         Tim yang menang ialah tim pertama yang semua anggotanya berhasil mencapai benteng lawan. Orang keempat yang mencapai benteng lawan berteriak “BOOOM” sebagai tanda berakhirnya permainan dan menang.
·         Permainan ini bisa diulang beberapa babak, sesuai dengan kebutuhan dan alokasi waktu.


G.    NILAI YANG TERKANDUNG
·         Kerjasama dan kekompakan
·         Keberanian
·         Kepandaian menentukan strategi
·         Kejujuran
                 H.    SUMBER
                 Dokumen Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar