A. NAMA
PERMAINAN
Benteng Takeshi
B. TUJUAN
Permainan ini mempunyai tujuan untuk pengenalan air
secara tidak disadari kepada anak. Dalam permainan ini anak akan memasukkan
kepalanya ke air {menyelam}serta bebas melakukan berbagai gerakan di air seperti
jalan dan lari.
C. JUMLAH
PEMAIN
Permainan ini terdiri dari 2 regu, masing-masing
regu 4 orang atau lebih {disesuaikan siswa yang ada}.
D. PERALATAN
Permainan ini tidak menggunakan alat. Hanya
memanfaatkan dinding kolam renang sebagai benteng.
E. WAKTU
Permainan berhenti saat ada tim yang menang. Bisa
juga dibatasi waktu kira-kira 5-10 menit bila permainan tak kunjung selesai.
F. JALANNYA
PERMAINAN
·
Dibagi menjadi 2 regu, masing-masing
regu 4 orang atau lebih {disesuaikan siswa yang ada}.
·
Ada seorang wasit yang mengatur jalannya
pertandingan.
·
Dimulai dengan menempati benteng
masing-masing {merapat ke dinding kolam}.
·
Lalu semua pemain menyanyikan lagu untuk
membakar semangat :
“Ayo ayo serang bentengnya . .serang bentengnya
sekarang juga …3X” {irama lagu menanam jagung}.
·
Setelah lagu selesai baru memulai
permainan
·
Inti permainan ini adalah berusaha
mencapai benteng lawan dengan segera.
·
Semua pemain bisa maju menyerang benteng
lawan ataupun ada yang bertahan di benteng sendiri, itu tergantung strategi
masing-masing kelompok.
·
Cara melumpuhkan lawan adalah dengan
menyentuh bagian lututnya.
·
Pemain yang sudah dilumpuhkan harus diam
di tempat.
·
Pemain bisa membebaskan teman yang sudah
dilumpuhkan dengan cara membasuh mukanya dengan air. Pemain yang sudah
dibebaskan oleh temannya bisa melanjutkan permainan kembali.
·
Tim yang menang ialah tim pertama yang semua anggotanya berhasil mencapai benteng lawan.
Orang keempat yang mencapai benteng lawan berteriak “BOOOM” sebagai tanda
berakhirnya permainan dan menang.
·
Permainan ini bisa diulang beberapa
babak, sesuai dengan kebutuhan dan alokasi waktu.
G. NILAI
YANG TERKANDUNG
·
Kerjasama dan kekompakan
·
Keberanian
·
Kepandaian menentukan strategi
·
Kejujuran
H. SUMBER
Dokumen Pribadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar