Kamis, 08 November 2012

Permainan Tradisional

A.    Nama Permainan         : Oray-orayan

B.     Asal                             : Jawa Barat

C.     Lagu

Permainan ini diiringi lagu yang judulnya sama dengan nama permainan ini yaitu oray-orayan.
Lirik lagu oray-orayan sebagai berikut :
Oray-orayan luar leor mapay sawah
Entong ka sawah parena keur sedeng beukah
Oray-orayan luar leor mapay sawah,
Entong ka sawah parena keur sedeng beukah,
Mending ge teuleum,
Di leuwi loba nu mandi,
Saha nu mandi,
Anu mandina pandeuri……….
Kok…….kok………kok…….

D.    Jumlah pemain
      Permianan ini membutuhkan pemain sekitar 5-20 orang yang dimainkan oleh laki-laki maupun perempun. Permainan ini bisa dilakukan kapan aja yaitu siang,sore maupun malam.

E.     Cara Bermain

       Anak-anak berbaris berurutan memanjang ke belakang, sambil berpegangan pada bahu anak (pemain) yang di depannya. Salah seorang anak bertindak sebagai pemimpin atau kepala ular, dan tangannya dalam posisi bebas. Kepala ular dipilih dengan cara diundi ataupun pingsut. Sedangkan anak-anak lainnya bertindak sebagai badan dan ekor ular. Sambil diiringi lagu oray-orayan, para pemain yang berjejer memanjang ke belakang ini meliuk-liuk menirukan gerakan seekor ular, mengitari arena permainan.

    Waktu lagunya hampir selesai, pada saat syair kok….kok…..kok, menirukan suara ayam yang sedang berkokok, maka anak yang bertindak sebagai kepala ular, menangkap temannya yang berada di barisan paling belakang. Begitulah seterusnya sampai semua anak habis ditangkap. Apabila anak sudah tertangkap oleh kepala ular maka anak tersebut keluar dari barisan.
   Saat kepala ular atau pemimpin permainan, menangkapi ekornya tersebut, pemain yang menjadi ekor akan merasa ketakutan dan berusaha menghindari kepalanya.


F.      Nilai-nilai yang terkandung

     Nilai-nilai yang terkandung dalam permainan oray-orayan ini adalah sportifitas, kerja sama, kerja keras, meghargai orang lain, bersabar.
             
G.    Sumber
                        http://dolanantradisional.net23.net/permainan-sunda.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar